Tutup

SCROLL UNTUK MEMBACA ARTIKEL

Pengertian DPI

0 comments



Apa itu DPI?

Sebelum mulai ke pengertiannya, perlu kalian ketahui bahwa ukuran Resolusi layar Android sangat penting untuk diketahui oleh para pengguna Smartphone Android agar kita pengguna dapat mengetahui aplikasi apa saja yang Support pada smartphone pengguna.


Dan juga kalian perlu tahu bahwa tidak semua aplikasi dapat digunakan oleh semua Android. Resolusi layar menjadi alah satu syarat menginstal sebuah aplikasi dan ukuran yang paling sering digunakan untuk mengukur resolusi layar adalah DPI.


DPI atau DOTS PER INCH adalah bentukan dari suatu ukuran hasil cetak atau visual, dimana merupakan suatu kumpulan titik di dalam suatu bentukan linier dalam ukuran inchi (2,54 cm). Nilai dari DPI (Dot per Inch) berkorelasi secara tidak langsung dengan resolusi / ketajaman gambar. Printer Dots Ukuran DPI (Dot per inch) ini tidak dapat diukur secara kasat mata, karena harus dilihat dengan menggunakan lensa khusus.


Berikut kekurangan akibat mengubah angka DPI :

1. Teknologi Kesat Mata
Resolusi layar yang lebih tinggi otomatis akan meningkatkan kerapatan layar. Semakin tinggi resolusi dan kerapatan layar, tampilannya akan semakin baik dan jernih. Namun sayangnya, mata manusia sejatinya tidak bisa melihat kerapatan layar di atas angka 400 ppi, alias hanya bisa melihat resolusi secara optimal hingga resolusi full HD.

 

2. Optimal Hanya Untuk Browsing

Dari pengalaman kami menjajal beberapa smartphone dengan resolusi 2K, keuntungan yang paling terasa adalah ketika menggunakannya untuk browsing. Resolusi 2K dapat menampilkan tulisan dengan sangat padat dan detail. Karenanya, membuka halaman web maupun membaca dokumen atau e-book jadi terasa begitu nikmat.

 

Baca Juga: Cara Uninstal Aplikasi / Program Di PC atau Laptop


Bagaimana dengan menonton video? Selama Anda memutar video dengan resolusi HD, tampilan layarnya terlihat baik. Namun tampilannya baru akan terlihat maksimal ketika Anda memutar video dengan resolusi full HD atau bahkan 4K. Sebaliknya, jika Anda memutar video dengan resolusi di bawah 720p, tampilannya justru akan terlihat sangat pecah.


 3. Bermain Game Jadi Lebih Berat

Sama halnya ketika menonton video, bermain game HD menggunakan smartphone dengan layar 2K tentu akan lebih menyenangkan. Namun jangan salah, ada hal penting lainnya yang harus Anda perhitungkan. Semakin tinggi resolusi layar, semakin berat beban yang harus ditanggung oleh CPU (prosesor) dan GPU (grafis).

 Jika disuruh memilih, dengan senang hati kami akan lebih memilih smartphone dengan resolusi 720p karena tidak memberatkan kerja CPU dan GPU. Game dapat dimainkan dengan lebih lancar. Hal ini sudah kami buktikan ketika menjalankan game Reckless Racing 3 (lebih berat dari Asphalt 8). Game dapat berjalan lancar pada smartphone dengan resolusi 720p dan berjalan kurang lancar pada smartphone dengan layar 2K sekelas LG G4 sekalipun.


 4. Resolusi Tinggi Dapat Menguras Baterai

Selain memberatkan kerja CPU dan GPU, resolusi layar yang terlampau tinggi juga membuat layar smartphone membutuhkan konsumsi daya yang juga lebih tinggi. Hal tersebut membuat daya baterai smartphone menjadi lebih cepat habis.



Jadi, jika saat ini Anda menggunakan smartphone dengan resolusi layar 720p atau 1080p dan sedang berpikir untuk beralih menggunakan smartphone dengan resolusi 2K, ada baiknya Anda berpikir ulang. Pasalnya, resolusi 2K pada layar smartphone yang hanya berukuran 5 hingga 6 inci tak akan terlihat maksimal.

Baca Juga: Cara Mengubah Angka DPI 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar